let's follow me on twitter :)

Selasa, 27 September 2016

Budaya Kontemporer

Arin Yuniratama
Esai Foto: Memotret Jatinangor
Budaya Membaca di Kalangan Muda

Mahasiswi yang Sedang Membaca

“In reality, the activity of reading has on the contrary all the characteristics of a silent production: the drift across the page, the metamorphosis of the text effected by the wandering eyes of the reader, the improvisation of meanings, inferred from a few words, leaps over written spaces in an ephemeral dance.” – Michael De Certau on The Practice of everyday Life.

Budaya tidak hanya berarti kesenian seperti musik atau tarian, tetapi seluruh kegiatan manusia yang mencakup pola kehidupan, contohnya cara berbicara, cara makan, cara berpikir dan juga membaca.

Membaca adalah suatu proses yang dilakukan oleh pembaca untuk memperoleh pesan yang disampaikan penulis melalui media bahasa tulis.” (Tarigan, 1984:7)


Membaca adalah suatu kegiatan individual dalam diam. Namun tidak semua membaca dilakukan dalam diam secara artian harfiah. Membaca juga dapat dilakukan dalam aktivitas-aktivitas lisan lain seperti berpidato, berkhotbah, mengaji dan juga menyanyi. Ketika membaca, seseorang dapat larut, melupakan semua yang ada di sekitarnya, dan bahkan sampai terbawa emosi. Namun saat ini, budaya membaca di Indonesia sangatlah minim, walaupun masih banyak juga orang yang hobi membaca dan gemar menghabiskan waktunya berjam-jam di perpustakaan ataupun toko buku untuk membaca buku favoritnya, tetapi jarang sekali kita melihat seseorang membawa-bawa buku dan membacanya sendirian di tempat umum. Seolah-olah buku telah dikalahkan dengan gadget dan teknologi-teknologi canggih lainnya. Contohnya anak kecil saat ini sudah diajarkan untuk belajar dengan tablet ketimbang belajar dan membaca melalui buku fisik. Kaum muda-mudi terlihat malas dan enggan untuk menghabiskan waktu dengan membaca buku dan lebih memilih menghabiskan waktu dengan pergi ke pusat perbelanjaan dan tempat hiburan lainnya. Alangkah lebih baik jika kita membiasakan diri dengan membaca apapun walau sedikit apapun. Karena dengan membaca kita akan membiasakan dan melatih otak kita untuk bekerja, berimajinasi, melihat huruf-huruf, mengartikan kata demi kata, menghafal kosa kata baru, serta mengingat kejadian serupa yang pernah kita alami. Maka dari itu, perbanyaklah membaca karena membaca adalah jendela dunia, melalui membaca kita dapat melihat seluruh isi dunia walaupun hanya dari sebuah buku.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar